ANALISIS
PELUANG INTERNASIONAL
Merencanakan pengelolaan usaha, langkah pertama yang
harus dilakukan oleh seorang wirausahawan adalah menganalisis potensi pasar,
berdasarkan jenis produk, jasa, minat dan daya beli konsumen. Dengan menganalisis
potensi pasar, anda dapat memperkirakan daya serap konsumen terhadap
produk/jasa yang hendak kita tawarkan. Hal ini sangat penting sebagai ukuran
apakah sektor usaha yang akan kita masuki masih menjanjikan keuntungan atau
tidak. Untuk itu anda harus melakukan penelitian pasar, mencari dan
mengumpulkan informasi yang berhubungan dengan pasar dan menentukan lokasi
usaha yang strategis sesuai dengan produk/jasa yang akan dijual.
Suatu peluang usaha atau gagasan tentang kemungkinan
ekonomi suatu kegiatan bisnis harus selalu diikuti oleh potensi pasar yang
menjanjikan sehingga roda usaha dapat berjalan dan memberikan keuntungan yang
diharapkan. Tak sedikit memang, kisah pengusaha yang sukses membangun bisnis
karena melihat sebuah potensi pasar. Tapi, tak sedikit pula kisah kegagalan
usaha karena keyakinan tersebut salah.
Terdapat
2 isu penting yang
menjadi konsentrasi para manajer dalam proses penyeleksian pasar dan lokasi :
-
Mereka ingin untuk menjaga
biaya serendah mungkin
-
Mereka ingin memeriksa
setiap potensi pasar dan setiap lokasi yang potensial
Untuk
mencapai tujuan ini, manajer dapat mengelompokkan penyeleksian pasar dan lokasi
kedalam 4 langkah berikut :
Identifikasi daya tarik utama
· Menentukan
dasar permintaan
Langkah pertama dalam mencari
potensi pasar yaitu dengan mencari tahu apa yang menjadi dasar permintaan untuk
setiap produk perusahaan
· Menentukan
ketersediaan sumber daya
Perusahaan memerlukan fakta mengenai sumber daya yang
digunakan aktivitas bisnis benar-benar tersedia. Bahan baku yang digunakan
dalam proses pembuatan harus ditemukan di pasar internasional atau diimpor.
ketersediaan tenaga kerja sangat penting untuk produksi di negara manapun
· Kesesuaian
iklim, adanya larangan absolut.
-
Tidak
ada perusahaan menawarkan perlengkapan bersalju di Indonesia
-
Negara
Islam melarang impor produk beralkohol, dan sanksinya berat
·
Akses pada bahan baku, tenaga kerja, pembiayaan
-
Bahan
baku à lokal / impor ?
Jika impor, perhitungkan tarif, kuota dan hambatan lain dari pemerintah
sehingga biaya import tidak menyebabkan biaya produksi di atas batas toleransi
-
Tenaga
kerja à Apakah tetap di suatu negara atau pindah ke negara
yang biaya tenaga kerjanya rendah ?
-
Biaya
modal lokal à Berapa tingkat suku bunga ? Bagaimana ketersediaan pembiayaannya?
Contoh : Inggris membuka Virgin Megastore di Jepang karena
biaya modal lokalnya hanya sepertiga biaya di Inggris.
Evaluasi lingungan bisnis pasar sasaran
· Pengaruh
budaya (bahasa, sikap, agama, tradisi, dan
budaya kerja)
-
Unsur-unsur budaya ini akan
mempengaruhi jenis produk apa yang akan dijual dan bagaimana cara menjualnya
dan apakah produk yang akan dijual memerlukan modifikasi ataupun tidak
-
Unsur
budaya juga menentukan keputusan pemilihan lokasi
-
Modifikasi
produk untuk keperluan pertimbangan budaya à perusahaan harus mengembangkan fasilitas produksi
untuk mencapai target pasar
-
Tenaga
kerja yang berkualitas, seperti yang memiliki etos kerja tinggi
akan meningkatkan produktivitas perusahaan
akan meningkatkan produktivitas perusahaan
· Pengaruh
politik dan hukum
Faktor-faktor politik dan
hukum yang mesti diperhatikan yakni
1. Peraturan
pemerintah
Perlakuan pemerintah suatu
negara terhadap perdagangan dan investasinya dapat tercermin dari jumlah dan
jenis pembatasan impor, ekspor, dan investasinya
o Menghambat investasi untuk menjamin kelangsungan
industri dalam negeri
o Membatasi perusahaan internasional memindahkan profit
ke luar negara tuan rumah, dan mengarahkan agar dana diinvestasikan ke proyek
baru di negara tsb.
o Menerapkan kebijakan lingkungan yang sangat ketat
o Meminta perusahaan asing membuka rahasia tertantu dari
perusahaan tsb, spt resep
2. Biokrasi
pemerintah
Sulitnya mendapatkan lisensi
atau perijinan untuk
mendirikan suatu perusahaan yang biasanya membutuhkan banyak dokumen dari berbagai
instansi.
3. Stabilitas
politik
Perusahaan tidak dapat memperkirakan kondisi politik negara di masa
depan yang tentunya terus berubah-ubah sehingga rencana aktivitas bisnis tidak
dapat ditentukan secara akurat.
· Kebjakan
fiskal dan moneter, nilai tukar mata uang
Kebijakan fiskal dan moneter
yang buruk dari bank sentral negara tersebut dapat menyebabkan tingkat inflasi
tinggi, peningkatan defisit anggaran, mata uang yang terdepresiasi, dan tingkat
produktivitas yang menurun. Masalah nilai mata uang yang tidak stabil juga
merupakan tantangan khusus bagi perusahaan-perusahaan internasional
o
Perusahaan perlu menganalisa
kebijakan ekonomi nasional sebelum memilih pasar/lokasi baru.
o
Kebijakan Fiskal yang tidak
baik menyebabkan tingkat inflasi tinggi dan mata uang terdepresiasi.
o
Ketidakstabilan nilai tukar
mata uang dapat menyulitkan perusahaan menentukan penerimaan secara tepat dan
menentukan jumlah dana yang dibutuhkan untuk sebuah investasi
· Biaya
transportasi, bahan baku dan citra negara
-
Biaya transportasi & Bahan Baku
Inefisien logistik yang disebabkan oleh kemacetan lalu lintas
menyebabkan biaya tinggi. Transportasi menentukan
pemilihan lokasi sarana produksi
-
Citra Negara à Bersifat
bisa berubah
Produk harus diberi label yang mengidentifikasikan dimana dibuat/dirakit
sehingga memberi image positif/negatif produk, tergantung negaranya. Produk negara maju cenderung lebih dinilai
positif dibanding produk negara berkembang.
Pengukuran
pasar dan lokasi melewati 2 step yaitu dalam proses penyaringan dilakukan
analisis lanjut untuk mendapatkan lokasi yang potensial.
Faktor
pertimbangan manajer dalam menganalisis pasar terindustrialisasi dan menguji
instrumen spesial untuk menganalisis pasar berkembang
· Pasar
terindustrialisasi
Informasi yang dibutuhkan
untuk menduga potensi pasar suatu produk di suatu negara industri cenderung
lebih mudah tersedia daripada pasar di negara berkembang. Dalam hal ini untuk
pasar yang paling berkembang terdapat
lembaga penelitian untuk tujuan tunggal yaitu menyediakan data pasar kepada
perusahaan.
· Pasar
berkembang
Perusahaan yang
mempertimbangkan memasuki pasar negara berkembang sering menghadapi masalah
khusus yang berkaitan dengan kurang informasi. Data ukuran pasar atau
potensial pasar tersedia, misalnya
karena metode yang belum dikembangkan untuk mengumpulkan data tersebut dalam
sebuah negara.
·
Salah
satu cara memprediksi permintaan pasar
Elastisitas pendapatan à sentifitas permintaan relatif
terhadap perubahan pendapatan
·
Penjualan sekarang,elastisitas
pendapatan,indikator potensi pasar.
o Pasar Berkembang
§ Setiap perusahaan besar dalam bisnis internasional
siap atau mempertimbangkan masuknya pasar yang baru seperti China dan
India. Dengan pertumbuhan penduduk yang
tinggi, mereka menarik minat pemasar di seluruh dunia
§ Variabel utama yang termasuk dalam analisa potensi
pasar:
-
Ukuran
pasar
-
Tingkat
pertumbuhan pasar
-
Intensitas
pasar
-
Kapasitas
konsumsi pasar
-
Infrastruktur
komersial
-
Kebebasan
ekonomi
-
Tingkat
penerimaan pasar
-
Resiko
Negara
Mengukur potensi lokasi
Pada
tahap ini pada proses penyaringan lokasi, manajer harus berhati-hati menaksir
kualitas dari sumber daya yang digunakan di daerah setempat. Untuk beberapa
perusahaan, hal yang paling penting adalah sumber daya manusia (SDM). Pelatihan
manajer lokal juga memerlukan investasi yang berasal dari waktu dan uang
-
Meramalkan
kualitas sumber daya yang akan dipergunakan à SDM dan manajemen paling penting
-
Manager
harus memperhatikan infrastruktur lokal seperti jalan, jembatan, bandara, pelabuhan
dan sistem telekomunikasi, saat meramalkan potensial situs.
-
Bisnis
saat ini banyak dilakukan melalui email dan informasi relay bisnis secara
elektronik seperti penjualan, inventory dan strategi produksi, yang harus
terintegrasi antar negara
Pada
tahap ini, manajer biasanya ingin mengunjungi setiap lokasi yang tersisa untuk
mengkonfirmasi harapan sebelumnya dan untuk melakukan analisis pesaing.
·
Kunjungan lapangan
Melibatkan serangkaian pertemuan-pertemuan dan negosiasi
ialah bertujuan untuk mendapatkan peluang mempelajari budaya, mengamati tenaga
kerja yang akan dipekerjakan, membuat kontak personal dengan pelanggan dan
distributor baru
·
Analisis Pesaing
Pasar persaingan sempurna menekan harga sehingga
perusahaan dapat men-charge pelanggan.
Situs persaingan sempurna untuk produksi dan kegiatan litbang
meningkatkan biaya dalam berbisnis
-
Jumlah
pesaing
-
Pangsa
pasar
-
Produk
pesaing memerlukan pasar yang kecil atau massal
-
Fokus
produk pesaing pada kualitas atau harga rendah
-
Pengendalian
saluran distribusi
-
Loyalitas
konsumen
-
Ancaman
potensial dari produk substitusi
-
Masuknya
pesaing baru
-
Pengendalian
input produksi kunci (SDM, modal dan bahan baku)
RISET INTERNASIONAL
Riset pasar adalah pengumpulan informasi dan
analisis informasi yang berguna untuk membantu manajer dalam membuat keputusan.
Riset pasar internasional memberikan
informasi tentang lingkungan bisnis nasional seperti praktek-praktek budaya,
politik, peraturan-peraturan dan ekonomi juga
menginformasikan manajer tentang ukuran pasar potensial, perilaku pembeli, logistik,
dan sistem distribusi. Dari definisi tersebut jelaslah bahwa
riset pemasaran adalah riset pada setiap fase kegiatan pemasaran, jadi tidak
terbatas pada riset yang hanya mencakup suatu tipe persoalan pemasaran saja,
misalnya soal motivasi, soal saluran distribusi atau soal penjualan, akan
tetapi lebih luas daripada itu. Sebetulnya meliputi seluruh persoalan mulai
memilih barang apa yang akan diproduksi sampai pada penjualannya. Dengan
menggunakan riset pemasaran produsen akan memproduksi produk yang bisa dijual
oleh karena memang dibutuhkan oleh masyarakat pembeli, jadi bukan sekadar
menjual produk yang bisa diproduksi. Untuk suksesnya penjualan perlu kerjasama
tiga unsur, yaitu: marketing, engineering, dan manufacturing. Riset pemasaran internasional sering mencerminkan cara di
mana pola pengeluaran berbeda di seluruh dunia dan terkait dengan budaya
daerah, adat istiadat, dan pengaruh sosial ekonomi lainnya. Riset pemasaran
internasional bisa sangat menantang ketika mencoba untuk mengumpulkan data dari
bagian terpencil dunia, di mana perbedaan bahasa dan aksesibilitas terbatas
pada orang luar menimbulkan hambatan komunikasi. Riset pemasaran internasional
sangat penting untuk perusahaan yang berencana untuk mengekspor barang-barang
mereka ke negara lain. Sebelum memulai penjualan internasional, perusahaan akan
ingin menentukan apakah atau tidak ada permintaan untuk produk mereka di daerah
lain. Perusahaan juga akan ingin penelitian konflik budaya potensial yang dapat
menghambat profitabilitas dari produk atau jasa yang mereka berniat untuk
mengekspor. Misalnya, popularitas diri-tanning produk di banyak bagian Amerika
Utara dan Eropa tidak akan mungkin menjadi ekspor yang menguntungkan ke China –
di mana penampilan kecokelatan umumnya tidak dianggap menarik dan mana produk
yang sebenarnya dijual untuk membalikkan atau "membersihkan "matahari
tan.
Riset Pemasaran
Internasional mengikuti langkah-langkah seperti riset domestic mulai dari
merumuskan masalah riset dan mengembangkan rencana riset sampai dengan
menginterprestasi dan melaporkan hasil-hasilnya. Jika digunakan dengan baik dan tepat, maka
riset pemasaran bermanfaat baik untuk perusahaan yang mensponsori maupun untuk
pelanggannya.membantu perusahaan untuk mengambil keputusan yang lebih baik yang
pada gilirannya akan menghasilkan produk dan jasa yang lebih memenuhi kebutuhan
konsumen.
Kebijakan
Publik dan Etika dalam Riset Pemasaran
Jika
digunakan dengan baik dan tepat, maka riset pemasaran bermanfaat baik untuk
perusahaan yang mensponsori maupun untuk pelanggannya.membantu perusahaan untuk
mengambil keputusan yang lebih baik yang pada gilirannya akan menghasilkan
produk dan jasa yang lebih memenuhi kebutuhan konsumen.
Analisis Informasi
Informasi yang dikumpulkan oleh intelijen
pemasaran dan system riset pemasaran perusahaan seringkali masih memerlukan
analisis dan adakalanya manajer perlu bantuan lebih lanjut menerapkannya dalam
menghadapi masalah dan keputusan pemasaran.
Mendistribusikan Informasi
Sebelum manajer menggunakan cara
untuk mengambil keputusan pemasaran dengan lebih baik maka informasi pemasaran
tidak akan mempunyai arti apa-apa.Informasi pemasaran yang dikumpulkan oleh
system intelijen pemasaran dan system riset pemasaran harus diterimakan kepada
manajer pemasaran yang tepat pada waktu yang tepat
Proses riset pemasaran
1. Menetapkan
masalah dan tujuan riset
Manajer
pemasaran dan peneliti harus secara erat bekerjasama untuk merumuskan masalah
dengan cermat dan mencapai kesepakatan, tentang tujuan-tujan riset.Manajer hrus
cukup banyak mengetahui tentang riset pemasaran untuk dapat berperan serta
didalam perencanaan.apabila manajer pemasaran hanya sedikit sekali paham akan
riset pemasaran, mereka akan memperoleh informasi tidak benar. Menentukan masalah dan
tujuan riset sering kali merupakan langkah yang paling sulit dalam proses riset
pemasaran.
2. Mengembangkan
Rencana riset
Tahap
Kedua proses riset pemasaran menghendaki penentuan informasi yang dibutuhkan
serta pengembangan suatu rencana untuk mengumpulkan informasi tersebut secara efisien.
a. Menentukan
kebutuhan informasi yang spesifik
b. Mengumpulkan
informasi sekunder
c. Merencanakan
pengumpulan data primer
Data
sekunder menimbulkan berbagai masalah,informasi yang dibutuhkan mungkin tidak
tersedia peneliti jarang dapat memperoleh semua data yang mereka butuhkan dari
sumber-sumber sekunder.
3. Mengimplementasikan
rencana riset
Pelaksanaan
ini mencangkup pengumpulan,pengolahan,serta analisis informasi. Pengumpulan data dapat
dilakukan oleh staf riset pemasaran perusahaan dari luar.
4. Menginterprestasi
dan melaporkan hasil riset
Peneliti
harus menginterprestasikan hasil-hasil riset, menarik kesimpulan tentang
implikasinya dan melaporkannya kepada meanajemen.peneliti sebaiknya tidak perlu
menjejali manajemen dengan angka-angka dan teknik-teknik statistic yang
muluk-muluk.
TANTANGAN
DAN HAMBATAN RISET LINGKUP MULTI NASIONAL
Kesulitan
utama terkait dengan penelitian pasar
internasional adalah :
1. Ketersediaan
data : kendala memperoleh data sekunder yang berkualitas baik, walaupun data
tersebut sudah tersedia
2. Komparabilitas
data : data harus diinterpretasikan dengan hati-hati. Perbedaan cara pengukuran di negara asal juga
mempengaruhi komparabilitas antar negara
3. Perbedaan
budaya : perlunya memperhatikan bagaimana budaya yang berubah-ubah seperti
bahasa mempengaruhi informasi
Sumber Data Sekunder
Proses
mendapatkan informasi yang sudah ada dalam perusahaan atau yang dapat diperoleh
dari sumber-sumber luar disebut riset pasar sekunder. Data sekunder relatif
murah karena data tersebut telah dikumpulkan, dianalisis, dan dirangkum oleh
pihak lain.
Ada
beberapa sumber utama dari data sekunder yang dapat membantu manajer dalam
pengambilan keputusan selektif yaitu ;
· Organisasi
internasional
· Agen-agen
pemerintahan
· Asosiasi
dagang dan industri
· Organisasi
jasa
· Internet
Metode
Melaksanakan Riset Primer dalam Lingkup Multinasional
Walaupun
informasi sekunder sangat berguna pada tahap awal proses penyaringan, data
biasanya lebih disesuaikan pada lokasi yang diperlukan. Dalam keadaan seperti
itu, mungkin perlu untuk melakukan riset pasar primer-proses pengumpulan dan
analisis data asli dan menerapkan hasil untuk kebutuhan penelitian saat ini.
· Pameran dagang dan misi dagang
· Wawancara
dan fokus grup
· Survey
· Pengamatan
lingkungan
halo kak, boleh tau ini sumbernya dari buku apa?
BalasHapusIf you're trying hard to burn fat then you certainly need to try this brand new custom keto meal plan.
BalasHapusTo create this keto diet service, licensed nutritionists, fitness trainers, and cooks have united to provide keto meal plans that are useful, suitable, money-efficient, and delicious.
Since their grand opening in January 2019, thousands of clients have already remodeled their body and health with the benefits a certified keto meal plan can give.
Speaking of benefits; in this link, you'll discover eight scientifically-tested ones given by the keto meal plan.