Analisis lingkungan
eksternal mencangkup pemahaman berbagai faktor di luar perusahaan yang mengarah
pada munculnya kesempatan bisnis / bahkan ancaman bagi perusahaan. Bagi
pengembangan strategik, analisis ini di butuhkan tidak hanya terbatas pada
rincian analisis kesempatan dan ancaman saja tetapi juga untuk menentukan dari
mana dan untuk apa hasil analisis itu di pergunakan. Oleh karena itu manajer
puncak membutuhkan diagnosis lebih lanjut atas hasil analisis lingkungan
eksternal.
1)
Lingkungkan umum (General Environment)
Adalah suatu lingkungan
dalam lingkungan eksternal organisasi yang menyususun faktor-faktor yang
memiliki ruang lingkup luas. Faktor-faktor tersebut diantaranya adalah :
a. Faktor
Ekonomi
Berpengaruh
terhadap penentuan jumlah permintaan produk dan besarnya biaya yang di
keluarkan untuk menghasilkan produk perusahaan.
b. Faktor
Sosial
Mempengaruhi
suatu perusahaan mencakup keyakinan, nilai, sikap, opini yang berkembang, dan
gaya hidup dari orang-orang di lingkungan di mana perusahaan beroperasi.
c. Faktor
Politik dan hukum
Faktor
politik dan hukum mendefinisikan parameter-parameter hukum dan bagaimana
pengaturan perusahaan harus beroperasi.
d. Faktor
Teknologi
Adanya
perubahan teknologi dapat mendorong munculnya kesempatan bisnis dan perbaikan
upaya pencapaian tujuan organisasi, tapi dapat juga sebagai ancaman bagi
kelangsungan produk yang sudah ada.
e. Faktor
Pemerintah
Peran
pemerintah dalam mekanisme penyampaian produk dari produsen ke konsumen sangat
besar. Alat kendali pemerintah melalui berbagai paket kebijakan fiskal dan
moneter ternyata cukup efektif untuk mempengaruhi dinamika bisnis.
f.
Faktor Demografi
Faktor
demografi ini diantaranya adalah ukuran populasi, struktur umum, distribusi
geografis percampuran etnis serta distribusi pendapatan.
2)
Lingkungan Industri
Lingkungan industri adalah
tingkatan dari lingkungan eksternal organisasi yang menghasilkan
komponen-komponen yang secara normal memiliki implikasi yang relatif lebih
spesifik dan langsung terhadap operasionalisasi perusahaan. Analisis lingkungan
industri jauh lebih penting dan lebih menentukan aturan persaingan di
bandingkan dengan analisis lingkungan umum, karena kekuatan lingkungan umum
dalam mempengaruhi persaingan sifatnya sangat relatif.
§ Ancaman
masuknya pendatang baru
Adanya pendatang baru dapat
memaksa perusahaan yang sudah ada untuk lebih efektif dan efisien serta belajar
untuk bersaing dalam dimensi baru. Secara sederhana kemungkinan perusahaa akan
memasuki suatu industri adalah fungsi dari dua faktor, yaitu hambatan memasuki
industri dan relasi dari perusahaan yang sudah ada. Apabila hambatan-hambatan
untuk masuk adalah tinggi, dan pendatang baru mendapatkan reaksi yang tajam
dari pemain lama dalam industri, sudah barang tentu pendatang baru tersebut
tidak menimbulkan suatu ancaman masuk yang serius.
2.
Analisis
dan Diagnosis Lingkungan Eksternal
2.1 Analisis
Lingkungan Eksternal
Analisis lingkungan eksternal mencangkup pemahaman
berbagai faktor di luar perusahaan yang mengarah pada munculnya kesempatan
bisnis / bahkan ancaman bagi perusahaan.
Terdapat 3 cara dalam melakukan analisis terhadap
lingkungan eksternal perusahaan yaitu:
1) Pengumpulan
informasi verbal dan tertulis dari berbagai sumber
Informasi verbal dapat
dikumpulkan dengan pendekatan formal maupun informal. Sumber data bagi
pengumpulan informasi verbal mencakup penggunaan media elektronik, karyawan,
pelanggan, perantara, pesaing,
konsultan, dan juru bicara pemerintah yang di tunjuk. Sementara
informasi tertulis yaitu segala sesuatu yang dapat di baca dari sumber
informasi yang telah di persiapkan oleh pihak lain untuk tujuan yang beragam.
Informasi semacam ini bersumber dari surat kabar,jurnal dan beberapa publikasi
lain yang bersedia.
2) Merancang
Sistem Informasi Manajemen dalam Organisasi
Pengertian sistem informasi
manajemen di arahkan pada penciptaan dua kelompok utama yaitu sistem pendukung
keputusan ( Decision Support System) dan sistem informasi strategic ( Strategic
Information System ). DDS adalah sistem informasi yang dirancang untuk membantu
pihak manajemen dalam pengambilan keputusan dalam kondisi yang unik dan data
tidak terstruktur. Sedangkan sistem informasi strategik adalah suatu sistem
informasi yang dirancang untuk membantu manajemen puncak dalam mendapatkan dan
menggunakan informasi yang diperlukan bagi kepentingan organisasi.
3) Melakukan
Perkiraan Secara Formal
Pada umumnya perkiraan ini
banyak dilakukan oleh konsultan tertentu atas permintaan pihak manajemen. Pada
akhir-akhir ini juga berkembang konsultan yang bergabung untuk membuat berbagai
kajian dan prospek atau bahkan meramal kegiatan bisnis dimasa yang akan datang.
2.2 Proses
Diagnosis Lingkungan Eksternal
Proses diagnosis lingkungan
eksternal pada prinsipnya merupakan kelanjutan dari proses analisis. Dalam arti
luas proses diagnosis memberi penilaian yang signifikan terhadap berbagai
kesempatan dan ancaman yang ditemukan selama proses analisis lingkungan. Elemen
kunci diagnosis adalah kemampuan manager puncak untuk menentukan informasi yang
dapat diabaikan kemudian mengevaluasi jenis informasi yang dipandang relevan
dengan kepentingan organisasi. Hanya saja yang diperlukan dalam proses
diagnosis saat ini adalah pemahaman atas
berbagai faktor penentu hasil diagnosis lingkungan yang diantaranya adalah karakteristik individu
dari seorang strategik manager, pengaruh pekerjaan, dinamika kelompok, dan faktor
lingkungan fisik lain yang mempengaruhi keputusan managerial.
3.
Identifikasi
Peluang dan Ancaman
Analisis peluang mengidentifikasi
kesenjangan antara tuntutan pasar dan apa yang saat ini tersedia. Hal ini
juga dapat dipakai untuk menganalisis potensi perubahan pasar yang dapat
meningkatkan prospek untuk layanan atau produk. Salah satu cara untuk
mengidentifikasi peluang yang ada adalah mengikuti trend baru dan perubahan
dari lingkungan. Peluang dapat ditemukan dalam diskusi dengan
pelanggan, melalui membaca majalah dan surat kabar, dan memeriksa literatur
perdagangan.
Analisis ancaman merupakan upaya untuk
mengidentifikasi faktor-faktor yang tidak menguntungkan yang mungkin merugikan
bisnis. Seperti peluang, ancaman diidentifikasi
dengan memantau lingkungan untuk trend yang relevan dan perubahan
pasar. Analisis ancaman harus mempertimbangkan keseriusan ancaman serta
kemungkinan terjadinya hal-hal lain yang mungkin bisa membahayakan bisnis kita
sendiri.
Model lima kekuatan porter
tentang analisi kompetitif adalah pendekatan yang digunakan secara luas untuk
mengembangkan strategi di banyak industry. Porter menyarankan bahwa peluang dan
ancaman dapat diidentifikasi dengan lima karakteristik dasar.
1. Persaingan
antar perusahaan saingan.
2. Potensi
masuknya pesaing baru.
3. Potensi
pengembangan produk-produk pengganti.
4. Daya
tawar pemasok.
5. Daya
tawar konsumen
Tiga langkah berikut untuk
menggunakan Model Lima Kekuatan Porter dapat menunjukkan bagaimana persaingan
di suatu industri tertentu sedemikian rupa sehingga perusahaan dapat memperoleh
laba yang masuk akal:
1) Identifikasi
berbagai aspek atau elemen penting dari setiap kekuatan kompetitif yang
mempengaruhi perusahaan.
2) Evaluasi
seberapa kuat dan penting setiap elemen tersebut bagi perusahaan.
3) Putuskan
apakah kekuatan kolektif dari elemen-elemen tersebut cukup untuk membuat
perusahaan terjun ke industri baru atau tetap bertahan di inustri saat ini.
IV.
ANALISIS INDUSTRI : MATRIK EVALUASI FAKTOR EKSTERNAL
Matriks Evaluasi Faktor Eksternal dapat
dikembangkan dalam lima langkah :
1.
Buat daftar factor-faktor eksternal utama
sebagaimana yang disebutkan dalam proses audit eksternal. Masukan 10-20 faktor,
termasuk peluang dan ancaman, yang memengaruhi perusahaan dan industrinya.
Daftar terlebih dahulu pelunagnya, kemudian ancamannya. Buat sespesifik mungkin
dengan menggunakan presentase, rasio, dan perbandingan jika dimungkinkan.
2.
Berilah pada setiap factor tersebut bobot
yang berkisar dari 0,0 (tidak penting) sampai 1,0 (sangat penting). Bobot itu
mengindikasikan signifikansi relative dari suatu factor terhadap keberhasilan
perusahaan. Jumlah total seluruh bobot yang diberikan pada factor itu harus
sama dengan 1,0.
3.
Berilah peringkat 1-4 pada setiap factor
eksternal utama untuk menunjukan seberapa efektif strategi perusahaan saat ini
dalam merespon factor tersebut, di mana 4 = responnya sangat bagus, 3 = responnya
diatas rata-rata, 2 = responnya rata-rata, dan 1 = responnya
dibawah rata-rata. Peringkat didasarkan pada keefektifan strategi
perusahaan.
4.
Kalikan bobot setiap factor dengan
peringkatnya untuk menentukan skor bobot.
5.
Jumlahkan skor rata-rata untuk setiap
variable guna menentukan skor bobot total untuk organisasi.
Kasus
: Matriks Evaluasi Faktor Eksternal pada PT Gunung Madu Plantations
Kasus ini, membahas mengenai
perusahaan PT GUNUNG MADU PLANTATIONS (GMP) dengan pengaruh sepuluh
indikatornya. Perusahaan yang didirikan pada tahun 1975, merupakan pelopor
usaha perkebunan dan pabrik gula di luar Jawa, khususnya Lampung.
Analisis :
Dalam Manajemen Strategis ada banyak
indikator yang terkait satu sama lain dan terdapat pada setiap jenis usaha baik
besar maupun kecil, termasuk usaha yang bergerak di sektor pekebunan, yaitu PT
GUNUNG MADU PLANTATIONS (GMP). Perusahaan perkebunan ini menghasilkan komoditi
gula, sebagai hasil produksinya.
Adapun
sepuluh indikator dari perusahaan tersebut, sebagai berikut :
2.1.1 Ekonomi
Perekonomian yang terjadi dalam
suatu negara akan memberikan ancaman dan peluang bagi perusahaan Gunung Madu
Plantation. Aspek dalam perekonomian itu berupa pertumbuhan, distribusi
pendapatan, tabungan, utang, kredit.
- Pertumbuhan
dapat menjadi ancaman bagi perusahaan GMP. Salah satu contoh yang menjadi
ancaman adalah depreasi rupiah terhadap US Dolar. Hal ini akan menjadi
ancaman jika GMP melakukan ekspor.
- Distibusi
pendapatan akan menjadi peluang bagi perusahaan. Dimana income
perkapita penduduk meningkat sehingga kemampuan penduduk untuk membeli
produk dari perusahaan GMP pun meningkat.
- Tingkat
bunga kredit turun menjadi peluang bagi perusahaan Gunung Madu Plantations
karena keinginan seseorang untuk menabung akan berkurang dan memilih
investasi keperusahaan sebagai pilihan alternatif.
2.1.2 Sosial
Kehadiran dan keberadaan Perusahaan
perkebunan ditengah masyarakat merupakan wujud dan partisipasinya dalam
pengembangan pembangunan masyarakat khususnya dalam rangka peningkatan ekonomi
serta pendapatan masyarakat di Pedesaan. Bentuk nyata partisipasi perusahaan
adalah dengan pembangunan lahan perkebunan tebu PT.Gunung Madu Plantation.
Dengan pengembangan dan pembangunan lahan perkebunan ini akan tercipta berbagai
kegiatan usaha ekonomi yang dapat dilakukan oleh masyarakat khususnya di daerah
Lampung Tengah yang akan menciptakan dan membuka lapangan kerja baru bagi
masyarakat.
2.1.3 Politik
Politik
dalam pembentukan perusahaan PT GUNUNG MADU PLANTATIONS harus sesuai dengan
prosedur yang berlaku, mengajukan izin usaha di tingkat daerah, mengumpulkan
modal. Menentukan pejabat perusahaan yang akan menjalankan perusahaan dan
mungkin akan memperjuangkan perusahaan melalui jalur politik.
2.1.4 Demografi
Jumlah
penduduk Lampung hingga tahun ini mencapai 7.596.115 orang atau hanya 3% dari
jumlah penduduk nasional. Hasil sensus penduduk tahun 2000 yang mencatat jumlah
penduduk Lampung 6.730.751 orang, populasi hingga 2010 bertambah 12,86% dengan
laju pertumbuhan 1,23% per tahun. Laju pertumbuhan penduduk Lampung per tahun
juga masih relatif lebih kecil
dibandingkan laju pertumbuhan penduduk secara nasional yang mencapai 1,14%.
2.1.5 Budaya
Budaya
yang terbangun di daerah Desa Gunung Batin, Lampung Tengah membentuk masyarakat
yang bekerja keras. Budaya ini sesunggguhnya merupakan potensi tenaga kerja
untuk mendukung perkembangan perkebunan tebu di daerah ini. Berdasarkan budaya
tersebut, perusahaan PT GUNUNG MADU PLANTATIONS (GMP), membuka lahan pekerjaan
berupa industri yang bergerak di sektor perkebunan, sehingga dapat
merekrut banyak tenaga kerja. Dengan melihat budaya daerah sekitar, masyarakat
yang pekerja keras, memungkinkan untuk kondisi kinerja yang lebih baik.
2.1.6 Pemerintahan
Dalam
menjalankan bisnisnya. Gunung Madu Plantation(GMP) mendapatkan beberapa campur
tangan dari pemerintah. Campur tangan pemerintah ini dapat menjadi ancaman atau
peluang bagi perusahaan.
- Hal
yang dapat menjadi ancaman bagi perusahaan GMP adalah pajak. Pemerintah
mewajibkan perusahaan untuk membayar pajak dari pendapatan yang diterima
oleh perusahaan. Pajak yang dikenakan ini akan mengurangi keuntungan dari
perusahaan.
- Sedangkan
hal yang dapat menjadi peluang bagi perusahaan GMP adalah peraturan
pemerintah. Hal ini dikarenakan peraturan pemerintah dapat mengurangi
pesaing dari perusahaan GMP.
2.1.7 Lingkungan
Usaha
perkebunan tebu dan pabrik gula PT Gunung Madu Plantaions merupakan kegiatan
yang ramah lingkungan. Limbah dari kebun maupun pabrik dimanfaatkan kembali dan
ternyata memberikan keuntungan yang sangat besar. Pengolahan limbah
pertanian berupa sisa-sisa tanaman (pucuk tebu dan daun) dikembalikan ke tanah
sebagai mulsa, sehingga menambah kesuburan tanah. Sementara limbah padat dan
limbah cair dari pabrik, tetapi juga dikelola lagi sehingga bermanfaat, bahkan
secara ekonomis sangat menguntungkan.
Limbah
padat berupa ampas tebu (bagasse) misalnya, dimanfaatkan lagi sebagai
bahan bakar ketel uap (boiler) untuk penggerak mesin pabrik dan
pembangkit tenaga listrik untuk perumahan karyawan, perkantoran, dan peralatan
irigasi.
2.1.8 Teknologi
Perusahaan
PT GUNUNG MAS PLANTATIONS menggunakan teknologi dalam pengendalian
peralatan pabrik. Pengendalian peralatan pabrik pada masing-masing stasiun
melalui ruang pusat kendali yang ditempatkan pada posisi paling leluasa bagi
operator untuk memonitor aktivitas dan berhubungan dengan petugas jaga
peralatan di lapangan. Pada bagian tertentu yang tidak memungkinkan bagi
operator melihat langsung secara visual, dilengkapi dengan kamera CCTV dari
pusat ruang kendali. Sistem pengendalian menggunakan programmable logic
control (PLC)dipadukan dengan supervisory system sebagai
piranti kendali dan informasi data trending.
Teknologi
juga digunakan dalam penangan tebu, sebagai kegiatan operasional perusahaan.
2.1.9 Competitive
Dalam
menjalankan usahanya Gunung Madu Plantation (GMP) memilki beberapa pesaing di
jenis bisnis yang sama. Salah satu pesaing beratnya adalah Sugar Group
Companies. Sugar Group adalah perusahaan dengan produk utama yaitu tebu. Dengan
kehadirannya Sugar Group Companies sebagai pesaing dari Gunung Madu Plantation
ini akan memberikan peluang sekaligus ancaman bagi perusahaan GMP.
Peluang
dari adanya perusahaan pesaing sejenis (Sugar Group) adalah:
- Dengan
adanya Sugar Group Companies maka akan memicu Gunung Madu Plantation
untuk berkerja keras menciptakan produk berkualitas untuk memenangkan
persaingan.
Dan
yang menjadi ancaman bagi GMP dengan adanya perusahaan pesaing:
- Akan
mengurangi pendapatan dari perusahaan.
- Akan
meningkatkan biaya yang dikeluarkan perusahaan. Dengan adanya perusahaan
pesaing GMP harus meningkatkan promosinya untuk memenangkan
persaingan. Meningkatkan persaingan itu dapat melalui membuat iklan
2.1.10 Global
Dengan
melihat kondisi global yang memungkinkan untuk memperluas jaringan perusahaan.
Perusahaan PT GUNUNG MADU PLANTATIONS menjual sahan pada investor asing, agar
perusahaannya dapat dikenal di dunia internasional. Ini merupakan peluang yang
di lihat oleh perusahaan. Namun dengan dikenal oleh banyak perusahaan lain,
ancaman juga terlihat pada persaingan dengan perusahaan tebu lain. Persaingan
ini akan lebih terasa jika para kompetitor berasal dari berbagai negara.
Sehingga perusahaan harus lebih bertahan demi kelangsungsan perusahaan.
MATRIKS
TABEL
Matriks Evaluasi Faktor Eksternal pada PT Gunung Madu Plantations
Faktor-Faktor
Eksternal
|
Bobot
|
Peringkat
|
Skor Bobot
|
Peluang
|
|||
1.Populasi
Provinsi Lampung meningkat 1,14% per tahun
|
0,06
|
2
|
0,12
|
2.Tingkat
Pengangguran di wilayah terus turun
|
0,09
|
2
|
0,18
|
3.Distribusi
pendapatan masyarakat meningkat
|
0,07
|
3
|
0,21
|
4.
Tingkat bunga kredit turun
|
0,07
|
2
|
0,14
|
5.Peraturan
pemerintah yang mendukung usaha perusahaan.
|
0,10
|
3
|
0,30
|
6.Banyak
investor asing yang tertarik pada saham perusahaan
|
0,11
|
3
|
0,33
|
7.Budaya
berkebun di dalam masyarakat lampung
|
0,10
|
2
|
0,20
|
Ancaman
|
|||
8.
Depreasi rupiah terhadap US Dolar
|
0,09
|
3
|
0,27
|
9.Pajak
yang tinggi yang diterapkan pemerintah
|
0,10
|
4
|
0,40
|
10
Pengurangan Pendapatan akibat pesaing perusahaan
|
0,07
|
2
|
0,14
|
11.Pesaing
perusahaan mulai banyak bermunculan
|
0,06
|
3
|
0,18
|
12.
Issu kesenjangan ekonomi dan kesejahteraan
|
0,06
|
1
|
0,6
|
Total
|
1,00
|
2,53
|
Penjelasan :
Faktor terpenting agar berhasil di
bisnis ini adalah “Banyak investor asing yang tertarik pada saham perusahaan, sebagaimana
ditunjukkan oleh bobot 0,1. Hal ini dikarenakan faktor modal dan meraih reputasi
perusahaan yang diperlukan untuk melakukan invasi juga ke luar negeri sebagai
pengekspor gula dunia. Sedangkan faktor yang bisa menghambat perkembangan
bisnis adalah “Pajak yang tinggi yang diterapkan pemerintah” sebagaimana di
tunjukkan oleh bobot 0,10.Pajak yang tinggi bisa mengurangi tingkat pendapatan
perusahaan akibat membayar pajak kepada pemerintah yang lumayan tinggi.
KESIMPULAN :
Melihat
dari semua analisis faktor eksternal yang mempengaruhi di PT Gunung Madu
Plantation yang sudah di jelaskan di bahasan diatas maka kami mengambil sebuah
kesimpulan bahwa PT.GMP sudah bisa merespon baik secara sangat baik peluang dan
ancaman yang ada di industrinya dan strategi perusahaan secara efektif mampu
menarik keuntungan dari peluang yang ada dan meminimalkan pengaruh negatif
potensial dari ancaman eksternal. Selain itu dari analisis diatas ada juga
matriks yang sebesar 1,0 yang artinya bahwa strategi perusahaan tidak mampu
memanfaatkan peluang yang ada atau menghindari ancaman yang muncul.Tapi hal
tersebut masih bisa di tutupi dengan keunggulan atau peluang yang bisa di
manfaatkan untuk memaksimalkan pendapatan perusahaan.
Faktor
yang bisa memberi andil bagi perusahaan untuk berkembang adalah dengan
banyaknya investor asing yang tertarik pada saham perusahaan. Hal ini
dikarenakan faktor modal dan meraih reputasi perusahaan yang diperlukan untuk
melakukan invasi juga ke luar negeri sebagai pengekspor gula dunia.Sedangkan
faktor yang bisa menghambat perkembangan bisnis adalah “Pajak yang tinggi yang
diterapkan pemerintah”. Pajak yang tinggi bisa mengurangi tingkat pendapatan
perusahaan akibat membayar pajak kepada pemerintah yang lumayan tinggi.Selain
pajak ada juga faktor persaingan sekarang yang semakin meningkat dengan
munculnya berbagai kekuatan baru di industri ini.
KABAR BAIK!!!
BalasHapusNama saya Mia.S. Saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati karena ada penipuan di mana-mana. Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial, dan putus asa, saya telah scammed oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai seorang teman saya merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 JUTA) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dengan tingkat bunga hanya 2%.
Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah saya diterapkan untuk dikirim langsung ke rekening saya tanpa penundaan. Karena aku berjanji padanya bahwa aku akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman dalam bentuk apapun, silahkan hubungi dia melalui emailnya: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com
Anda juga dapat menghubungi saya di email saya ladymia383@gmail.com dan miss Sety yang saya diperkenalkan dan diberitahu tentang Ibu Cynthia dia juga mendapat pinjaman dari Ibu Cynthia baru Anda juga dapat menghubungi dia melalui email nya: arissetymin@gmail.com Sekarang, semua yang saya lakukan adalah mencoba untuk bertemu dengan pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening bulanan.
Penarikan paling Tercepat di DetikTrade
BalasHapusKamu bisa Trading dengan minimal Deposit Rp. 50.000 mengunakan bank lokal
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
Kelebihan bertransaksi di DetikTrade
1. DetikTrade memberikan Bonus Deposit awal 10%** T&C Applied
2. Minimal Deposit Rp. 50.000,- menggunakan Bank lokal
3. Teregulasi di FCA UK
4. Perusahaan berdiri sejak 2017 telah mengalami perubahan platform lengkap dengan fitur2 analis dan teknikal trading
5. Deposit dapat dilakukan menggunakan BANK LOKAL BCA, BNI, BRI dan Mandiri
6. Anda juga dapat uang tambahan dari Bonus Referral 1% dari hasil profit tanpa turnover
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
Segera bergabung dan rasakan pengalaman trading yang light, kunjungi website kami www.detiktrade.com
Jika membutuhkan bantuan hubungi kami melalui :
WA : 087752543745
Do you understand there is a 12 word phrase you can speak to your partner... that will trigger intense emotions of love and impulsive attractiveness to you deep within his heart?
BalasHapusThat's because hidden in these 12 words is a "secret signal" that triggers a man's instinct to love, cherish and protect you with his entire heart...
12 Words Will Fuel A Man's Love Response
This instinct is so built-in to a man's brain that it will make him try better than ever before to take care of you.
Matter of fact, fueling this all-powerful instinct is so binding to having the best ever relationship with your man that the second you send your man a "Secret Signal"...
...You will instantly find him expose his heart and soul to you in a way he's never expressed before and he'll perceive you as the only woman in the universe who has ever truly understood him.
Hai alita thanks yaa
BalasHapus