Apa sih keuntungan pelihara anjing ?

Seekor anjing merupakan hewan peliharaan yang paling di sukai dan sering disebut sebagai sahabat manusia, karena sikapnya yang bersahabat dan loyal terhadap majikannya. Tak hanya sekedar hobi, ternyata memelihara anjing juga dapat memberikan banyak manfaat bagi pemeliharanya lho. Menurut sejumlah hasil penelitian, memelihara anjing dapat memberikan dampak positif terhadap psikologi dan kesehatan para pemilik anjing peliharaan. Apakah kamu salah satu orang yang memelihara anjing dirumah ? Oke di sini saya akan membahas keuntungannya memiliki hewan peliharaan.
Mengisi Aktivitas di Waktu Senggang
Anjing sangat suka bermain dan ia akan merangsang kita untuk bermain dengannya. Keadaan ini membantu kita untuk santai, mengembangkan semangat hidup yang lebih aktif, menghilangkan stress dari tugas-tugas dan pekerjaan yang membosankan. Dengan memberi makan, merapikan bulu dan membawa anjing anda berjalan-jalan dapat menjadi aktivitas anda di waktu senggang. Dan alasan ini yang merupakan alasan paling utama mengapa saya memilih untuk memelihara anjing dirumah.
Meningkatkan mood
Obat apa yang ampuh untuk meredakan stres? Hewan peliharaan? Ya, anjing akan membantu kita untuk bersikap lebih santai. Denyut jantung dan tekanan darah seseorang yang sedang tegang akan turun ketika melihat hewan peliharaannya. Memelihara anjing dapat dijadikan obat stres bagi orang-orang yang mengalami tekanan bahkan penelitian telah menunjukkan hanya membutuhkan waktu sekitar 15 sampai 30 menit bersama hewan peliharaan menjadikan kita merasa rileks dan tenang.
Jadi Rajin olahraga
Memelihara anjing akan memaksa kita untuk pergi ke luar rumah dan berjalan-jalan meski kita sedang tidak mood. Anjing memiliki kebiasaan untuk berjalan-jalan keluar rumah dan tentunya kita sebagai majikan pasti akan was-was jika tidak mengawasinya bermain diluar rumah. Nah, karena itulah anjing akan memotivasi kita untuk berolahraga.
Membuat Kita jadi lebih Sosial
Banyak bukti yang menunjukan orang yang memelihara anjing, lebih banyak melakukan interaksi sosial. Jadi dengan memiliki anjing, anda akan lebih terampil membina persahabatan baru. Disaat kita mengajak anjing jalan-jalan ke luar rumah pasti akan ada tetangga atau orang yang sama sekali tidak dikenal akan mengajak kita untuk berbincang-bincang mengenai anjing peliharaan kita, bahkan mungkin ada yang akan berbagai pengalaman dan informasi memelihara anjing kepada kita sehingga akan membina persahabatan baru. Selain itu, kini juga sudah banyak komunitas pecinta anjing, di sana kita bisa bergabung dan berkonsultasi bagaimana cara melatih atau merawat. Selain menambah pengetahuan seputar anjing, kita akan menambah teman.
Dukungan Emosional
Anjing merupakan teman yang baik. Anjing yang setia akan peka terhadap suasana hati kita, sehingga kita akan selalu bisa mengandalkan mereka di kala kesepian ataupun sedang sedih. Bila kita kehilangan orang-orang yang dicintai atau sedang merasa sangat sedih dan tertekan, kehadiran anjing akan dapat memberikan dukungan emosional yang sangat diperlukan bagi pemiliknya. Dengan mengelus-elus, mencium dan memeluk anjing peliharaan kita merupakan salah satu cara yang akan memberikan kita suatu rasa nyaman sehingga akan mengurangi kesedihan yang sedang dialami.
Merasa aman
Anjing memiliki pendengaran yang sangat baik dan mempunyai sifat alami untuk melindungi rumah mereka. Bahkan anjing kecil dapat menjadi penangkal untuk pencuri, karena ia akan menggonggong pada orang asing atau yang berniat jahat. Disamping perlindungan fisik, anjing juga dapat memberikan anjing juga dapat memberikan keamanan emosional untuk menghadapi dan mengatasi rasa takut yang kita miliki, seperti saat dalam kegelapan atau saat ditinggal sendiri di rumah.
Memperpanjang Usia
Ada banyak manfaat kesehatan yang berkaitan dengan memelihara anjing dan telah dibuktikan oleh penelitian. Memelihara hewan ini dapat menurunkan kolesterol, menurunkan tekanan darah, dan mengurangi stress. Penelitian juga menunjukkan bahwa pemilik anjing cenderung hidup lebih lama daripada orang yang tidak mempunyai anjing. Sementara itu banyak cerita juga yang katanya di mana anjing bisa menyelamatkan nyawa pemiliknya.
Manfaat bagi anak-anak
Banyak diantar kita berfikir bahwa dengan memelihara anjing peliharaan akan membantu anak-anak untuk bertanggung jawab. Seorang anak yang belajar merawat binatang peliharaan lebih besar kemungkinan untuk dapat merawat terhadap sesama manusia. Terdapat juga nilai pendidikan. Seorang anak juga dapat belajar mengenai proses pertumbuhan pada anjing, seperti kematangan seksual dan reproduksi, dan bagaimana menanggulangi masalah kesehatan atau penyakit. Mereka akan memiliki persiapan yang lebih baik untuk pengalamannya sendiri dalam kehidupannya. Kehadiran seekor anjing dalam rumah anda dapat membantu anak-anak anda mengatasi kegelisahan, mengendalikan emosi, mengembangkan kesadaran diri, dan menghadapi masalah hidup. Riset menunjukan bahwa anak-anak sering menceritakan rahasia dan berbagai hal yang dialaminya kepada anjing peliharaannya, seperti yang mereka lakukan kepada saudara atau orang tua mereka. Kehadiran anjing dapat menjadi pengganti orang tua atau saudara kandung ketika mereka tidak ada. Anak-anak yang berbicara akrab dengan hewan peliharaannya dapat belajar mengembangkan keterampilan sosial dan empati kepada orang lain.
Nah, itu saja beberapa keuntungan yang dapat saya ulas jika kita memelihara anjing, dan semoga artikel ini memberikan pengetahuan bagi pembaca dan mungkin menarik minat kalian untuk ikut juga memelihara anjing dirumah karena kasih sayang tidak hanya bisa dilakukan kepada sesama manusia saja, tapi juga bisa pada hewan peliharaan dan alam sekitar kita. 

0 komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news

Blogroll

About